Welcome To Januar Cihuuy

Rabu, 23 Maret 2011

Menggunakan Kekuatan Anda dan Mendelegasikan Hal Lainnya

     Apakah Anda pernah menemui seorang pemilik bisnis yang merangkap sebagai tenagan sales, produksi, costumer service, receptional penerima telpon, administrasi kasir, dan office boy sekaligus? Tentu tidak pernah, bukan? Namun, dalam bisnis internet, sering dijumpai pemilik bisnis yang berusaha merangkap sebagai web developer (yang membuat website), webmaster (yang memelihara website), desainer (yang mendesain website), costumer support (yang menerima order dan melayani pelanggan), technical support (yang mengatasi gangguan teknis), content writer (yang megisi content), tenaga administrasi (yang mengurus pembayaran dari pelanggan dan refund), serta tanaga produksi dan pengiriman.
     Kecenderungan seperti itulah yang justru membuat banyak orang gagal dalam memulai bisnis online. Sebaiknya, pembisnis internet yang sukses mengetahui kekuatan dirinya dan mendelegasikan hal lainnya. Misalnya, Anda memiliki kekuatan dalam mendatangkan visitor ke website Anda dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization), maka fokuslah pada kekuatan tersebut serta delegasikan urusan desain dan pembuatan website kepada pihak ketiga (outsource), dan aspek-aspek yang berkaitan dengan costumer support, produksi, administrasi, dan sebagainya pada karyawan Anda. Dengan begitu, tidak saja hasilnya akan lebih baik, tetapi anda juga menikmati pekerjaan Anda. bukankah itu yang kita mau? Maka sekarang evaluasilah diri Anda serta temukan kemahiran Anda dan Anda senang melakukannya.
     Anda mungkin akan berkata, "itu'kan kalau ada uang untuk membayar orang lain. kalau tidak, bagaimana?" Berpikirlah kreatif dan dapatkan dana dari berbagai sumber. anda mungkin bisa menyisihkan sedikit gaji Anda, mengambil tabungan Anda, bekerja lembur, mencari pekerjaan tambahan semantara, atau bahkan menjual sepeda Anda. Yang penting, anda bisa membayar orang yang memang jago di bidang mereka. itukah cara yang benar kalau Anda berusaha menjadi hebat di semua bidang , cara itu justru akan menghabiskan waktu dan energi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar